Memanjangkan Objek Dengan Perintah Extend Di AutoCAD

Bagi user pemula, untuk memanjangkan objek di AutoCAD sering sekali melakukan stretch/merenggangkan satu persatu objek gambar. Itu pasti akan memakan waktu yang lama jika objek yang harus dipanjangkan banyak sekali.

Sebenarnya, AutoCAD sudah menyediakan command yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan tersebut yaitu dengan perintah Extend. Perintah ini dipergunakan untuk memanjangkan objek sampai suatu batas tertentu dimana patokan batas yang diberikan berupa objek juga.

Contoh :

Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini. Anda akan ditunjukan bagaimana cara menggunakan perintah atau Command Extend di AutoCAD agar dapat dengan cepat menyambungkan garis-garis tersebut.

Implementasi :

Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagi berikut :

1. Jalankan Command : EXTEND Kemudian ENTER 2 KALI

2. Pilih/Klik Objek yang ingin dipanjangkan. Lakukan sampai objek yang anda pilih memanjang sampai batas yang anda inginkan

3. Jika sudah selesai memanjangkan objek klik ENTER

Objek yang anda pilih kini sudah memanjang secara praktis tanpa harus merenggangkannya/ stretch satu per satu. Dengan cara ini anda tidak perlu melakukan strech atau perenggangan objek satu per satu yang akan memakan waktu yang cukup lama. Anda cukup jalankan satu perintah AutoCAD dan semua objek dapat dengan cepat dipanjangkan atau direnggangkan dengan cepat

5 / 5 ( 1 vote )