Cara Memberi Keterangan Notasi Objek di AutoCAD

Selaku ilustrasi cermati lukisan perinci tulangan pijakan dibawah ini. Kita hendak membuat catatan ataupun penjelasan sketsanya memakai multileader

Cara Membuat

Untuk membuat notasi atau keterangan gambar objek kerja di AutoCAD menggunakan Multileader, ikuti saja panduannya sebagai berikut:

1. Jalankan perintah MLEADER Kemudian Enter

2. Klik pada objek yang akan diberi notasi atau keterangan apapun sesuai yang anda inginkan sebagai titik awal penarikan (panah)

3. Klik lagi di titik akhir untuk memberikan notasi berupa teks lalu ketikan keterangan dari notasi objek tersebut

Sekarang anda sudah selesai memberikan notasi atau keterangan untuk objek tersebut. Jika dirasa masih ada yang belum sesuai, maka editnya dapat dilakukan dengan mudah karena hanya satu perintah sehingga tidak perlu edit satu per satu.

Untuk mengedit keterangan atau notasinya, maka anda tinggal block multileader tersebut kemudian jalankan command Properties maka anda akan dapat merubah atau edit langsung multileader tersebut dengan cepat seperti besaran panahnya, jarak kemudian tulisannya langsung melalui kotak dialog propertinya tersebut.

Dengan menggunakan multileader, notasi atau keterangan yang anda buat pada gambar kerja anda menjadi lebih rapi dan terorganisir dengan baik sehingga apa bila anda ingin merubah atau mengeditnya dapat dilakukan dengan cepat tanpa melakukan edit satu-satu item yang membentuknya.

Sumber referensi: Idnwow.com

4.5 / 5 ( 20 votes )